Implementasi Makkah Route di 3 Bandara Berjalan Lancar, 114.186 Jemaah Calon Haji Terlayani

0

Implementasi Makkah Route di 3 Bandara Berjalan Lancar, 114.186 Jemaah Calon Haji Terlayani (JatengNOW/Dok)

SOLO, JATENGNOW.COM – Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) di 3 bandara, yaitu Soekarno-Hatta (Jakarta), Adi Soemarmo (Solo), dan Juanda (Surabaya), berjalan lancar. Hal ini disampaikannya saat pelepasan kloter pertama JCH yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo pada Minggu (12/5/24).

Tahun ini, sebanyak 114.186 JCH dari 3 bandara tersebut mendapatkan kemudahan pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan di Arab Saudi melalui skema Makkah Route. Jumlah ini merupakan 47% dari total JCH Indonesia yang diberangkatkan dari 13 embarkasi.

Makkah Route merupakan inovasi yang memindahkan proses keimigrasian dari bandara kedatangan di Arab Saudi (Jeddah dan Madinah) ke bandara keberangkatan di Indonesia. Dengan skema ini, JCH tidak perlu lagi mengantri panjang untuk proses keimigrasian saat tiba di Arab Saudi.

“Alhamdulillah sejauh ini pelaksanaan Makkah Route di Solo dan Surabaya berjalan lancar. Ini merupakan tahun pertama implementasi di kedua embarkasi ini,” jelas Silmy Karim.

Skema Makkah Route telah diterapkan di Indonesia sejak tahun 2018 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta. Tahun ini, diperluas ke Solo dan Surabaya dengan pembagian gelombang keberangkatan. Gelombang I diberangkatkan menuju Madinah pada 12-23 Mei 2024, sedangkan Gelombang II menuju Jeddah pada 24 Mei-10 Juni 2024.

Silmy menuturkan bahwa pihaknya sedang mengupayakan perluasan implementasi Makkah Route ke embarkasi lain di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tingginya jumlah JCH asal Indonesia.

“Kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para JCH, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan lancar,” tandasnya. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *