Forum Anak Jawa Tengah Sambangi 251 Sekolah dalam “Forum Anak Goes To School 2024”

0

Forum Anak Jawa Tengah Sambangi 251 Sekolah dalam "Forum Anak Goes To School 2024" (JatengNOW/Dok)

SEMARANG, JATENGNOW.COM – Forum Anak Jawa Tengah menggelar acara “Forum Anak Goes To School 2024” dengan menyambangi 251 sekolah di 35 kabupaten/kota. Kegiatan ini bertujuan mengajak para murid baru untuk menolak perundungan, kekerasan seksual, dan berani menyuarakan isi hati mereka.

Salah satu sekolah yang disambangi pada Jumat (26/7/2024) adalah SMA Negeri 6 Semarang. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Jateng Ema Rachmawati, Kepala Dinas Perempuan dan Anak Jateng Retno Sudewi, Kepala SMA Negeri 6 Semarang Dian Milasari, Ketua Forum Anak Jateng Dendi Resando, serta Staf Gender dan Pemberdayaan Remaja Unicef Indonesia Yosephine Stella.

Ema Rachmawati menyampaikan bahwa komunikasi efektif antara orang tua dan anak merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi tindak kekerasan pada anak. Menurutnya, celah komunikasi antargenerasi menyebabkan anak mencari pelarian kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya mengajak orang tua untuk belajar berkomunikasi dengan Generasi Z. Menjadi teman yang baik, jangan menghakimi, namun bisa diajak sebagai teman ngobrol,” ujar Ema seusai acara.

Ema juga mengajak pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi siswa, bukan hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga sebagai tempat di mana potensi setiap siswa dapat dihargai dan dikembangkan. Masyarakat pun diharap menyesuaikan pola komunikasi dengan remaja yang lahir di rentang 1997-2012.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Jateng, banyak siswa SMA sederajat yang mengalami gejala gangguan mental, seperti gangguan tidur, rasa mual saat makan, atau rasa cemas berlebihan. Ema menekankan bahwa hal ini menunjukkan adanya masalah di rumah yang perlu diperbaiki.

“Harus disediakan ruang curhat, jika tidak dengan orang tua, bisa dengan sekolah. Kami, pemerintah, juga menyediakan aplikasi ‘Jogo Konco’ yang bisa diakses 24 jam, atau bisa juga ke RSJ Amino Gondohutomo yang menyediakan layanan curhat 24 jam,” paparnya.

Ketua Forum Anak Jawa Tengah Dendi Resando menambahkan bahwa dalam ajang ini juga diberikan materi terkait bullying dan pengetahuan tentang Online Child Sexual Exploitation and Abuse (OCSEA).

“Tujuannya untuk mengusung Jogo Konco, serta memberikan materi terkait pencegahan kekerasan seksual dan internet sehat, yang terkadang tidak diajarkan di sekolah,” jelas Dendi.

Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Semarang Wildan Maulana berharap bahwa komunikasi yang efektif dapat mencegah kasus bunuh diri.

“Untuk menjaga jiwa anak mulai dari sekarang. Intinya, harus komunikasi, agar terbangun hubungan erat dan tidak terjadi bullying,” tutup Wildan.

Jika ingin curhat secara online, bisa menghubungi website Jogo Konco. Ada juga Layanan Konsultasi Online Psikologi dan Psikiatri 24 jam atau KOPPi 24 yang dapat dihubungi melalui nomor 0821 3000 3400. Selain itu, tersedia KOPI 93 (Konsultasi Online Psikologi jam 9 pagi – jam 3 sore) dengan obrolan pesan di nomor 0821 3758 0805. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *