Kapolda Jateng Pimpin Sertijab Dirreskrimum, Kombes Dwi Subagio Gantikan Kombes Pol Johanson R Simamora

0

Kapolda Jateng Pimpin Sertijab Dirreskrimum, Kombes Dwi Subagio Resmi Jabat (JatengNOW/Dok)

SEMARANG, JATENGNOW.COM – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, memimpin serah terima jabatan (sertijab) Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jateng pada Kamis (17/10/2024).

Acara yang berlangsung di ruang kerja Kapolda ini dihadiri seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng. Dalam sertijab tersebut, Kombes Pol Dwi Subagio resmi menerima jabatan sebagai Dirreskrimum Polda Jateng, menggantikan Kombes Pol Johanson R Simamora.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan bahwa rotasi jabatan adalah bagian dari upaya penyegaran personel dan pengembangan organisasi. Ia turut mengapresiasi kinerja Kombes Pol Johanson yang selama menjabat berhasil menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Jawa Tengah tetap aman dan kondusif.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi, kinerja, dan loyalitasnya dalam pengungkapan kasus-kasus kriminal di wilayah Jawa Tengah,” ujar Kapolda.

Kapolda juga memuji kemampuan Kombes Johanson dalam membina fungsi reserse kriminal, terbukti dengan meningkatnya kinerja satuan reserse dalam pengungkapan kasus di jajaran Polda Jateng.

Selanjutnya, Kapolda menyampaikan selamat kepada Kombes Pol Dwi Subagio atas jabatan barunya. Kombes Dwi sebelumnya menjabat sebagai Dirreskrimsus, sehingga sudah dikenal oleh jajaran reserse kriminal. Kapolda berharap Kombes Dwi dapat meningkatkan profesionalitas penyidik dalam penegakan hukum yang tegas dan responsif, terutama dalam mengungkap kejahatan konvensional di wilayah Jawa Tengah.

“Sebagai Dirreskrimum yang baru, saya harap Kombes Dwi dapat mengoptimalkan pengungkapan kasus kejahatan dan meningkatkan profesionalitas penyidik,” tambahnya.

Menjelang Pilkada, Kapolda juga menekankan pentingnya optimalisasi peran Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) untuk mengantisipasi potensi gangguan dan laporan yang mungkin timbul selama proses Pilkada.

“Segera lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Gakkumdu untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Meski kami berharap tidak ada peningkatan eskalasi, antisipasi dan persiapan tetap harus dilakukan,” pungkasnya.

Kegiatan sertijab ini diakhiri dengan penyerahan simbolis tugas dan tanggung jawab Dirreskrimum Polda Jateng kepada pejabat baru. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *