Satu WNA China Punya Tiga KTP dan NPWP untuk Persiapan Pemilu 2024, Ini Faktanya!

0

Ilustrasi: Satu WNA China Punya Tiga KTP dan NPWP, ini faktanya. (JatengNOW/dok)

JAKARTA, JATENGNOW.COM – Sebuah gambar beredar yang menginformasikan WNA China punya tiga KTP dan NPWP untuk persiapan Pemilu 2023. Berikut ini faktanya.

Beredar sebuah gambar berisi tiga buah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan foto wajah orang yang sama.

Unggahan tersebut disertai narasi yang mengeklaim bahwa satu orang warga Cina memiliki tiga buah KTP dan NPWP untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dikutip laman resmi Kominfo, dilansir dari turnbackhoax.id, klaim satu warga Cina mempunyai KTP dan NPWP ganda untuk persiapan Pemilu 2023 pada unggahan tersebut adalah keliru.

Faktanya, berdasarkan hasil penelusuran, isu serupa pernah beredar pada tahun 2017 yang lalu. Dilansir dari bbc.com, foto tersebut semula diunggah oleh sebuah akun X/Twitter pada Februari 2017.

Menurut  Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi saat itu, diduga kuat bahwa KTP dan NPWP tersebut akan digunakan untuk kejahatan cyber, kejahatan perbankan atau pencucian uang.

Temuan puluhan KTP dan NPWP yang diduga dikirimkan dari Kamboja tersebut tidak ada kaitannya dengan isu politik.

Berikut adalah beberapa poin yang dapat menjadi dasar untuk menyimpulkan bahwa klaim tersebut adalah hoaks:

  • Foto tersebut telah beredar sejak tahun 2017, jauh sebelum Pemilu 2024 digelar.
  • Foto tersebut tidak menunjukkan adanya kaitan antara KTP dan NPWP tersebut dengan Pemilu 2024.
  • Temuan KTP dan NPWP tersebut telah diselidiki oleh pihak berwenang dan disimpulkan bahwa dokumen tersebut akan digunakan untuk kejahatan cyber, kejahatan perbankan atau pencucian uang.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang beredar di media sosial. Pastikan untuk memeriksa kebenaran informasi tersebut sebelum membagikannya.(jn01)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *