Polresta Solo Siapkan 1.277 Personel Antisipasi Knalpot Brong untuk Kampanye Ganjar-Mahfud di Solo

0

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi (JatengNOW/Kevin Rama)

SOLO, JATENGNOW.COM – Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan konvoi yang melanggar aturan selama kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo – Mahfud MD, di Benteng Vastenburg Sabtu ini, aparat kepolisian telah mengambil langkah-langkah persiapan. Skema pengalihan arus juga telah disiapkan untuk mengamankan jalannya acara.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengungkapkan bahwa pada hari Rabu (7/2/2024), jajaran kepolisian telah melaksanakan Technical Meeting (TM) bersama unsur penyelenggara pemilu dan panitia kampanye. Pertemuan tersebut membahas beberapa hal terkait pelaksanaan kampanye bertajuk “Hajatan Rakyat bukan Pesat Konglomerat” yang akan digelar pada akhir pekan ini.

Dalam TM tersebut, disepakati beberapa langkah, terutama terkait potensi konvoi menggunakan knalpot brong.

“Dari Satgas Partai (PDIP) siap menyiapkan 2000 orang personilnya untuk membantu kita dalam mengawasi knalpot brong ini. Sehingga nanti bila ada simpatisan atau masyarakat yang mau menghadiri acara menggunakan knalpot brong, maka satgas ini yang akan meninggatkan,” ujar Iwan.

Iwan juga menambahkan bahwa petinggi partai hingga relawan telah dihimbau untuk mengkoordinasi anggotanya masing-masing agar tidak melakukan konvoi menggunakan knalpot brong.

Dari hasil TM, diperkirakan jumlah massa yang hadir sekitar 100.000 kader dan simpatisan dari Kota Bengawan. Sedangkan perwakilan simpatisan dari daerah tetangga diperkirakan sekitar 10 orang. Namun, jumlah tersebut masih bersifat tentatif dan bisa mengalami perkembangan.

Sebelum acara utama di Benteng Vastenburg, akan ada kirab dari Pamedan Pura Mangkunegara hingga venue utama. Panitia juga telah menyiapkan beberapa spot hiburan dan layar besar untuk simpatisan yang tidak bisa masuk ke venue utama.

Untuk pengamanan, disiapkan sedikitnya 1.277 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, hingga Dishub Solo. Pengalihan arus juga akan dilakukan, terutama di sekitar venue acara, dengan mengacu pada kondisi lapangan.

Sementara itu, Kabid Lalulintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menjelaskan bahwa akan ada pengalihan arus serta penyiapan kantong parkir untuk memfasilitasi peserta yang datang. Kirab dari jalan Diponegoro menuju Benteng Vastenburg akan menyebabkan penutupan jalan secara otomatis.

“Untuk yang tidak bisa masuk nanti akan mengikuti acar di beberapa titik. Diantaranya mengunakan jalan Ronggowarsito, jalan Slamet Riyadi, Jendral Soedirman, Arifin, Muharjo, Mayor Sunaryo, Mayor Kusmanto dan Imam Bonjol,” ujar Ari.

Selain itu, ada pula sistem pengalihan arus satu arah dari Utara ke Selatan di jalan Kapten Mulyadi untuk mempermudah keluar kota Solo bagi peserta yang menggunakan bus. Pengalihan arus sendiri akan dilakukan mulai pukul 05.00 hingga pukul 12.00, dengan kemungkinan penyesuaian berdasarkan perkembangan situasi di lapangan. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *