Derby Jateng PSIS Semarang vs Persis Solo Ditunda, Venue Masih Tunggu Keputusan PT LIB

0

Derby Jateng PSIS Semarang vs Persis Solo Ditunda Setelah Lebaran? (JatengNOW/Benediktus Candra)

SEMARANG, JATENGNOW.COM – Derby Jateng PSIS Semarang vs Persis Solo yang sedianya digelar pada Kamis 14 Maret 2024 resmi ditunda. Penundaan ini terjadi karena Panpel PSIS Semarang belum mengantongi izin keamanan di Jawa Tengah.

Merunut jadwal pada pekan ke-29, Derby Jateng PSIS Semarang vs Persis Solo akan diselenggarakan pada Kamis 14 Maret 2024, kick off pukul 20.30 WIB. Hingga H-3 pertandingan, Panpel PSIS Semarang belum juga mengantongi izin keramaian, maka keputusan diselenggarakannya Derby Jateng tersebut sepenuhnya diserahkan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Berdasarkan surat Nomor 358/LIB-COR/III/2024 Perihal Penetapan Pertandingan BRI Liga 1 – 2023/24 PSIS Semarang vs Persis Solo, yang ditandatangani Dirut PT LIB, Ferry Paulus tersebut ada enam poin yang disampaikan.

“Poin utamanya yakni setelah beberapa tempat tidak berhasil mendapatkan rekomendasi kepolisian, di Stadion PTIK/Batakan/Kapt I Wayan Dipta menjadi opsi agar pertandingan dapat dilaksanakan sesuai jadwal, dengan konsekuensi tanpa penonton,” bunyi dalam surat pada poin keempat.

“Namun, karena dalam kondisi darurat dan waktu yang sangat terbatas, serta memperhatikan slot jadwal yang ada, termasuk peluang memperoleh rekomendasi pertandingan, maka kami menetapkan pertandingan PSIS Semarang vs PERSIS Solo ditunda ke tanggal 17 Maret 2024 dan terkait tempat pertandingan akan disampaikan kemudian dalam Circular penyesuaian venue pertandingan paling lambat pada tanggal 14 Maret 2024,” tulis PT LIB.

Terkait ditundanya Derby Jateng PSIS vs Persis Solo tersebut, Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima surat dari PT LIB yang berisi tiga opsi stadion tersebut.

“Ada opsi di (stadion) PTIK (Jakarta), I Wayan Dipta (Bali), dan Batakan (Balikpapan),” ucap pria yang akrab disapa Wan Abud itu, Rabu (13/3/2024).

Abud mengungkapkan, pada Kamis 14 Maret 2024 menjadi hari terakhir atau deadline penentuan di mana laga tersebut akan digelar.

“Kayanya sih sudah jelas tanpa penonton, tapi tidak tahu nanti bagaimana. Yang jelas kepastian main di mana akan ditentukan besok Kamis (14 Maret),” terangnya.

Menurutnya, ditundanya pertandingan bergengsi itu, tentu merupakan kerugian yang dialami Laskar Sambernyawa. Hal itu lantaran Persis Solo juga sudah mempunyai jadwal dan libur yang sudah terjadwal.

“Ya pasti (dirugikan). Karena mestinya kami sudah terjadwal juga. Termasuk liburnya juga. Kasihan mereka (pemain), kan puasa awal biasanya kita kasih waktu jeda untuk mereka sama keluarga,” ucap Abud menjelaskan kondisi internal timnya.

Bahkan, para pemain sudah dijanjikan kalau hasil pertandingannya positif, maka mereka mendapatkan libur 2 hari.

“Nah akhirnya kita harus mengubah lagi, harus memutar otak lagi karena libur itu tidak sekadar libur. Berarti kita harus memikirkan bagaimana siklus mereka balik, persiapan menatap laga RANS,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panitia pelaksana (Panpel) PSIS kembali mengalami kendala terkait venue pertandingan pekan ke-29 dalam Derby Jateng PSIS Semarang menghadapi Persis Solo yang rencananya akan digelar pada Kamis 14 Maret 2024.

Setelah sebelumnya beberapa kota belum menyetujui terkait pertandingan tersebut, opsi venue terakhir yang diharapkan yakni Stadion Gelora Bangkalan, Madura juga kembali belum bisa digunakan.

Ketua Panpel PSIS, Agung Buwono mengatakan bahwa Stadion Gelora Bangkalan belum bisa digunakan untuk pertandingan tersebut setelah adanya komunikasi dengan PJ Bupati Bangkalan pada Minggu 10 Maret 2024, malaam.

“Kami semalam sudah menerima jawaban dari Bangkalan bahwa untuk pertandingan PSIS vs Persis belum bisa digelar di sana dan kami disarankan untuk mencari alternatif lain atau pun ditunda usai Ramadan apabila digelar di Bangkalan,” kata Agung Buwono. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *