Pastikan Keselamatan Pemudik, Polres Temanggung Gelar Ramp Check Bus di Terminal Madureso

0

Pastikan Keselamatan Pemudik, Polres Temanggung Gelar Ramp Check Bus di Terminal Madureso (JatengNOW/Dok)

TEMANGGUNG, JATENGNOW.COM – Petugas gabungan dari Polres Temanggung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Temanggung menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Madureso pada hari Senin (1/4/2024). Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan dan meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Ramp check ini untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan. Dengan kondisi kendaraan yang laik jalan inilah diharapkan selama perjalanan tidak terjadi kendala,” kata Iptu Endi Widodo, Kepala Bagian Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung.

Pengecekan meliputi kondisi roda, rem, lampu-lampu, dan perangkat keselamatan lainnya. Hingga saat ini, belum ditemukan bus yang tidak memenuhi standar keselamatan.

“Sudah kita cek, terutama roda, rem, kemudian perangkat-perangkat dari lampu sen, lampu jauh, itu utamanya. Sampai saat ini, belum kita temukan dan semoga tidak kita temukan,” jelas Iptu Endi.

Kasi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Temanggung, Gani Cipta Sampurna, mengatakan bahwa pihaknya intensif melakukan pemantauan kendaraan umum selama mudik Lebaran 2024.

“Secara umum armada yang digunakan untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran lebih siap dibandingkan dengan Nataru,” ungkap Gani.

Selain kendaraan, sopir dan kru bus juga diperiksa kesehatannya dengan pengecekan tensi darah dan pemberian vitamin untuk mendukung stamina.

Kegiatan ramp check ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang menggunakan bus sebagai moda transportasi. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *