Uji Coba VAR di Final EPA U-20, Persiapan Menuju Liga 1 2024/2025

0

Uji Coba VAR di Final EPA U-20, Persiapan Menuju Liga 1 2024/2025 (JatengNOW/Kevin Rama)

SOLO, JATENGNOW.COM – PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) di final Elite Pro Academy (EPA) U-20 Liga 1 antara Persis Solo U-20 versus Persita Tangerang U-20 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (7/3/2024).

“Laga final EPA U-20 hari ini menjadi spesial karena ini akan menjadi salah satu trial kita dalam penerapan VAR sebelum digunakan secara resmi sepenuhnya di Liga 1 musim 2024/2025,” ujar Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra.

Asep menjelaskan, VAR sengaja diuji coba di final EPA U-20 karena kompetisi tersebut bersifat pembinaan, meskipun pesertanya merupakan klub-klub Liga 1. Selain di final EPA U-20, VAR akan diterapkan sepenuhnya di Champion Series pada Mei 2024 mendatang.

“Kenapa bukan di Liga 1 atau Liga 2? Karena keduanya sama-sama kompetisi profesional yang memang tentu ketika diterapkan maka harus approval dulu. Sedangkan EPA U-20 ini merupakan kompetisi youth yang sistemnya pembinaan sehingga momentumnya pas untuk trial penerapan VAR,” kata Asep.

Menurut Asep, meskipun hanya trial, intensitas pertandingan final yang tinggi akan membantu PT LIB melihat kesiapan penerapan VAR dalam sebuah pertandingan.

TRIAL VAR untuk LIGA 1

“Ini juga masih dalam fase asesmen dari FIFA sehingga memang kondisinya kita akan melihat apakah akan terjadi sesuatu. Apakah ada trial and error juga kita lihat seperti apa. Semuanya akan menjadi bagian persiapan demi kelancaran menerapkan VAR di musim ini,” ucapnya.

Penerapan VAR di final EPA U-20 di Stadion Manahan mendapatkan pendampingan dari Hawk Eye, penyedia VAR Liga 1. Delapan kamera dipasang untuk merekam jalannya pertandingan.

Selain wasit utama, wasit cadangan, dan dua hakim garis, terdapat satu wasit VAR, satu asisten VAR, dan satu petugas yang membantu mengambil video-video kejadian atau reply operator.

Uji coba VAR di final EPA U-20 merupakan langkah penting bagi PT LIB dalam persiapan penerapan VAR di Liga 1 2024/2025. Dengan uji coba ini, PT LIB berharap VAR dapat membantu meningkatkan kualitas pertandingan dan meminimalisir kesalahan wasit. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *