Lagu “Rel Layang Joglo” Karya Hartono dan Whawin Lawra Kenalkan Ikon Baru Kota Solo

0

Lagu "Rel Layang Joglo" Karya Hartono dan Whawin Lawra Kenalkan Ikon Baru Kota Solo (JatengNOW/Dok)

SOLO, JATENGNOW.COM – Lagu campursari berjudul “Rel Layang Joglo” ciptaan Hartono, seorang pengusaha sekaligus pemerhati musik, diluncurkan pada hari Minggu (21/7/2024) di HTN Entertainment, Gentan, Sukoharjo. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi asal Solo, Whawin Lawra, dengan kerjasama Teh Sepeda Balap.

Lagu “Rel Layang Joglo” bercerita tentang kisah cinta yang kandas di tengah jalan. Dengan mengambil latar belakang proyek megah Rel Layang Joglo di Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, lagu ini sekaligus menjadi media untuk memperkenalkan ikon baru Kota Bengawan.

“Lagu ini saya ciptakan karena banyak orang di luar daerah yang membicarakan keberadaan rel layang Joglo yang masih dalam proses pembangunan. Jadi inspirasi saya dari situ,” kata Hartono saat berbincang dengan awak media usai peluncuran lagu.

Hartono menyelesaikan lagu ini dalam waktu dua minggu dan kemudian menyerahkannya kepada Whawin Lawra untuk dinyanyikan.

Lagu ini tercipta sebagai ungkapan rasa rindu Hartono terhadap alunan nada dan lirik lagu ciptaan mendiang Didi Kempot, maestro campursari. Oleh karena itu, “Rel Layang Joglo” memiliki nada dan cengkok yang mirip dengan lagu-lagu legendaris Didi Kempot.

“Dulu almarhum Mas Didi menciptakan lagu ‘Solo Balapan’. Sekarang kita munculkan ‘Rel Layang Joglo’. Semoga bisa diterima masyarakat dan mohon maaf apabila ada kekurangan,” jelas Hartono.

Whawin Lawra mengaku merasa terhormat saat pertama kali ditawari untuk menyanyikan lagu ini. Ia menyukai lirik lagu yang menyentuh dan menggambarkan kisah orang-orang yang memiliki kenangan dengan Rel Layang Joglo sebelum dibangun.

Menurutnya, tantangan terbesar dalam menyanyikan lagu ini adalah menemukan nuansa musik campursari khas Solo.

“Dulu kan ada almarhum Mas Didi Kempot yang menjadi icon musik Solo ya. Jadi memang tantangannya soal mencari vibes itu,” kata dia. (jn02)

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *